Hidmah Terhadap Ahli Ilmu

Hidmah Terhadap Ahli Ilmu  


Ada cerita yang cukup menarik ketika beliau KH Hasyim Asy'ary masih nyantri di kademangan Bangkalan kepada Syaikhona Kholil. Suatu ketika KH Hasyim Asy'ari melihat Sang Guru Syaikhona Kholil sedang bermuram wajah, sedih. Kemudian KH Hasyim Asy'ary memberanikan diri untuk mendekat dan bertanya : "mohon maaf Kyai, Apakah ada sesuatu yang membuat kyai Kholil bersedih ?". Syaikhona Kholil kemudian menjawab : "iya...., cincin kesayangan Bu Nyai, jatuh kedalam WC, Hasyim"

KH Hasyim, lalu mengusulkan agar Syaikhona Kholil membeli cincin lagi. namun Syaikhona Kholil mengatakan bahwa cincin itu adalah cincin kesayangan Bu Nyai. kemudian, setelah melihat kesedihan di wajah guru besarnya itu, KH Hasyim Asy'ary menawarkan diri untuk mencari cincin Bu Nyai (Istri Syaikhona Kholil), di dalam WC.

Akhirnya KH Hasyim Asy'ary benar-benar mencari cincin tersebut di dalam WC. Dengan penuh kesabaran, kesungguhan dan keihlasan, akhirnya KH Hasyim Asy'ari dapat menemukan cincin Bu Nyai yang jatuh ke dalam WC.

selanjutnya, setelah mandi, KH Hasyim Asy'ary menghadap pada Syaikhona Kholil, dan menyerahkan cincin Bu Nyai yang telah ditemukannya. Alangkah Bahagianya Syaikhona Kholil atas keberhasilan KH Hasyim Asy'ary.

sumber : Sang Kyai

Posting Komentar